Minggu, 14 Maret 2010

2.Penalaran secara tidak langsung

a.Silogisma Kategorial
(my)Semua orang mempunyai bakat
(mn)Inyo adalah seorang seniman
(S) Jadi, Inyo mempunyai bakat

b. Silogisma Hipotesa
(my) Jika kamu mencampakan aku, aku sedih
(mn) Kamu mencampakan aku
(S) Jadi, aku sedih.
Jika kamu tidak mencampakan aku, aku senang
Kamu tidak mencampakan aku
Jadi, aku senang

c. Silogisma alternatif
- Inyo adalah seorang seniman atau olahragawan
- Inyo seorang seniman
- Jadi, Inyo bukan olahragawan

d. Entimen
- Semua pramugara adalah ganteng
- Inyo adalah pramugara
- Jadi, Inyo adalah seorang yang ganteng
Entimen : Inyo adalah seorang yang ganteng karena Inyo adalah seorang pramugara

e. Rantai deduksi
Semua uang adalah alat tukar
Rupiah adalah alat tukar.
Jadi, Rupiah adalah uang
Dollar juga adalah alat tukar
Ringgit adalah alat tukar
Jadi, Dolar dan Ringgit adalah uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar